Select Page

Sejarah dan Perkembangan HTML ikut menentukan arah dari Internet. Berbagai teknologi silih berganti hingga akhirnya menjadi HTML5 yang dikenal sekarang.

Dalam artikel ini saya mencoba membawa anda untuk mengenal sejarah HTML, mulai dari awal kemunculannya, serta berbagai aspek teknologi yang menyertai perkembangan HTML. Selain itu juga akan dibahas tentang perkembangan web browser dan era ‘browser war’ yang cukup fenomenal.

Sejarah HTML ini saya tulis dengan cukup panjang dan detail. Jika anda sudah tidak sabar ingin menulis HTML, silahkan lanjut ke bab berikutnya. Akan tetapi dari cerita ini kita bisa mengenal istilah-istilah teknologi yang menyertai perkembangan HTML, seperti SGML, XML, XHTML, W3C dan WHATWG.

Sejarah dan Perkembangan HTML

Sejarah HTML

Tim Berners-Lee dan CERN

HTML dirancang pertama kali pada tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee. Beliau merupakan seorang ilmuwan inggris yang saat itu bekerja di CERN. CERN sendiri sebenarnya bukanlah sebuah perusahaan teknologi atau organisasi yang berkaitan dengan internet.

CERN adalah singkatan dari bahasa prancis: Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire, atau terjemahan bebasnya: Komisi Eropa untuk Penelitian Fisika Nuklir. CERN terletak di perbatasan Swiss dan Perancis, yang dibentuk pada tahun 1954 sebagai lembaga penelitian bersama negara Eropa untuk Fisika Nuklir.

Jika anda peminat iptek, CERN adalah tempat dimana particle accelerator terbesar di dunia berada, atau yang dikenal dengan Large Hadron Collider (LHC). Disinilah tempat penelitian fisika quantum dilakukan oleh ribuan peneliti dari seluruh dunia. Pada tahun 2012 yang lalu, CERN menjadi pusat perhatian kalangan akademis karena berhasil menemukan partikel higgs boson atau god particle yang selama ini menjadi teka-teki di dunia fisika.

Ide tentang HTML dikembangkan oleh Tim Berners-Lee dengan tujuan memudahkan sesama ilmuwan CERN untuk berbagi hasil penelitian. Peneliti CERN melibatkan berbagai universitas di banyak negara, sehingga perlu sebuah cara agar hasil penelitian dari sebuah universitas bisa dilihat dengan mudah oleh universitas lainnya.

Awal lahirnya HTML

Pada akhir tahun 1991, Tim Berners-Lee mempublikasikan dokumen yang berjudul: HTML Tags. Dalam dokumen ini, Tim membuat konsep sederhana tentang HTML yang terdiri dari 18 element. Daripada membuat standar bahasa baru, Tim Berners-Lee merancang HTML yang didasarkan kepada konsep bahasa markup yang dikenal dengan SGML (Standard Generalized Markup Language).

Penulisan tag HTML dengan kurung siku berasal dari konsep SGML ini. Dengan kata lain, HTML adalah salah satu implementasi dari SGML. SGML merupakan sebuah standar internasional untuk membuat dokumen dengan tanda (mark) seperti paragraf, list, heading, dan lain-lain. Tag HTML seperti